Kamis, 01 September 2011

MEMPERSIAPKAN ANAK AGAR SUKSES DI PERANTAUAN

Setiap memasuki tahun ajaran baru sekolah, orang tua selalu disibukkan dengan rencana peendidikan lanjutan anak-anaknya.Pemikiran orang tua terfokus padamelanjutkan ke sekolah apa,dimana,bagaimana tempat tinggalnya,dan bagaimana biayanya?

Orang tua yang berpisah dengan anaknya untuk melanjutkan studi didaerah lain,masih harus memikirkan biaya kontrakan, aman apa tidak, lingkungan islami atau hura-hura, dan sebagainya.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan sejumlah tips untuk membekali anak dengan nilai-nilai islami dan memantau pengalamannya di perantauan.
1.Membekali kebiasaan islami
Meski terasa berat berpisah dengan anak,hal ini cepat atau lambat pasti akan terjadi,baik lama ataupun sebentar. Hal yang perlu diberikan pemahaman kepada anak  ialah bahwa demi  masa depannya,orang tua rela  ditinggalkannya.
Adapun bekal yang penting ditanamkan dalam diri anak adalah:
a.Perpisahan ini adalahperjuangan” karena dalam rangka menuntut ilmu.Bersungguh-sungguhlah karena kesuksesanmu tergantung dari usahamu yang diridhoi oleh Allah.
Agar Allah menolongmu dalam menggapai cita-citamu,maka jaga baik baik ibadah yang telah ditetapkan waktu dan tata caranya seperti:
-Sholatlah diawal waktu,jangan menunda-nunda karena engkaupun tak suka bila keinginanmu tertunda.
-Biasakan sholat berjama’ah,(bagi laki-laki di mesjid)agar engkau bersilaturrahim,saling mengenal diantara anggota jama’ah yang lain, disamping mendapatkan pahala lebih banyak 27 derajat dari pada sholat sendirian.
-Jaga puasa sunnah,(puasa senin kamis,puasa daud,puasa tiga hari pertengahan bulan),karena Allah akan memudahkan terkabulnya do’a orang yang berpuasa.
-Biasakan sholat malam disaat orang-orang terlelap tidur,semoga Allah mengangkatmu ke tempat yang terpuji.
b.Bersikap baik terhadap teman atau tetangga kos,jangan sampai mereka merasa tidak nyaman karena sikapmu.
c.Isi waktu senggangmu dengan banyak membaca,berorganisasi,membantu membina TPA,bisnis kecil-kecilan
2.Merencanakan tempat tinggal
            TEMPAT TINGGAL MERUPAKA SARANA YANG SANGAT PENTING DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN BELAJAR.Agar nilai-nilai islami yang ditanamkan orang tua dapat diaplikasikan dengan baik,maka perlu upaya yang teliti dalam memilih tempat dan lingkungan kos,hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat kos:
a.Dekat dengan tempat kuliah, agar perjalanan tidak melelahkan sehingga lebih konsentrasi belajar.
b.Dekat dengan masjid, agar bisa memaksimalkan sholat berjama’ah dan kajian-kajian keislaman yang terprogram
c.Tidak bercampur antara kos laki-laki dengan perempuan agar terhindar dari pergaulan bebas
d.Pilih kos yang ada pembimbingnya sehingga sikap dan aktifitas tetap terkontrol
3.Menata hati melepas si buah hati
1.selalu mendo’akan anak
2.hindari berfikiran negative terhadap kondisi anak
3.jaga komunikasi, bisa melalui sms, telpon, email, dll. Agar kondisi anak selalu terpantau
4.memasrahkan anak hanya kepada Allah swt(tawakkal), niscaya Allah akan mencukupkan sebagaimana yang orang tua harapkan.

Beberapa kiat diatas merupakan upaya agar orang tua dapat melepas putra-putrinya dalam menggapai cita-citanya dengan hati yang lega dan tenang.Selamat menyiapkan generasi unggul yang sholeh dan sholehah dengan prestasi membanggakan.


Dikutip dari majlis tabligh pimpinan pusat ‘aisyiyah

0 komentar:

Posting Komentar