Kamis, 16 Juni 2011

manca traditional : LAMINGTON

Lamington adalah sponge cake dalam bentuk kubus yang ditutup dengan chocolate icing kemudian dilumuri kelapa. Kadang ditengahnya diberi krim atau selai stroberi.
Lamington merupakan kue tradisional Australia. Kue ini sangat dibanggakan di sana. Sampai-sampai tanggal 21 Juli disebut sebagai hari lamington nasional. Bahkan National Trust of Queensland menjadikan kue ini sebagai icon favorit.


Nama lamington diambil dari "Lord Lamington" yang menjadi gubernur Queesland dari tahun 1896-1901. Tapi pendapat lain bilang, "lamington" diambil dari homburg hat, topi favorit Lord Lamington. Namun, ada lagi yang bilang, "lamington" diambil dari sebuah kota di Skotlandia. Masih banyak versi lain tentang asal-muasal lamington. Salah satunya menyebutkan, kue ini dibuat oleh chef Lord Lamington secara tidak sengaja. Ia menjatuhkan sepotong sponge cake ke dalam larutan cokelat. Untuk memperbaikinya, ia menambahkan parutan kelapa.
Lamington juga populer di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Di sana kue ini disebut coconut bar. Di sini lamington juga tidak begitu populer. Klaupun ada, tak semua orang tahu bahwa kue tersebut disebut lamington.
Namun kue ini menarik untuk dilihat dan dirasakan. Bnetuknya yang mungil dan paduan kelapa yang berwarna putih, kontras dengan cokelatnya, luar biasa indah. Kita juga bisa mewarnai kelapanya menjadi merah muda atau hijau muda, yang juga cocok 
dengan warna cokelatnya.





bahan cake :

  • 200 gr mentega tawar dingin
  • 175 gr gula pasir halus
  • 4 butir telur
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 stp baking powder
  • 30 gr cokelat bubuk dan 1/4 stp cokelat pasta dilarutkan dalam 100 ml air hangat
bahan toping :
  • 100 ml susu cair
  • 200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
  • 1 sdm mentega tawar
bahan pelapis :
  • 50 gr kelapa kering siap pakai

how to make :

CAKE
  1. kocok mentega dan gula pasir halus sampai lembut. masukkan telur satu per satu sambil dikocok rata bergantian dengan sebagian tepung terigu.
  2. tambahkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata bergantian dengan larutan cokelat bubuk dan cokelat pasta.
  3. tuang ke loyang 22x22x4cm yang dioles margarin dialas kertas roti
  4. oven 30 menit dengan api dibawah suhu 180 derajat celcius sampai matang. dinginkan.
  5. potong cake dengan ukuran 2x2x2cm. sisihkan
TOPING
  1. panaskan susu cair. matikan api.
  2. masukkan potongan dark cooking chocolate. aduk sampai larut.
  3. tambahkan mentega. aduk rata
PENYAJIAN
  1. oleskan bahan toping keseluruh permukaan cake. gulingkan di atas kelapa kering.


catatan dari bunda : kalo ga suka kelapa kering bisa di ganti dengan parutan keju atau kacang cincang yang sudah di sangrai




0 komentar:

Posting Komentar